Berita Kampus

Berita : umum / Tajdid Muhammadiyah Dalam Persoalan Perempuan

Tajdid Muhammadiyah Dalam Persoalan Perempuan

Yogyakarta - Muhammadiyah sebagai persyarikatan mempunyai kepedulian terhadap hak-hak perempuan sesuai dengan konteks historinya. Hal tersebut dapat dilihat pada perhatian dan kesungguhan KH Ahmad Dahlan dalam mewujudkan kepeduliannya terhadap pemenuhan hak-hak perempuan yang diwujudkan dengan berdirinya Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah.

Majelis tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah dengan PP ‘Aisyiyah menyelenggarakan Focus Discusion Group serta seminar sehari dengan tema Pandangan Muhammadiyah Terhadap Perempuan Tinjauan Teologis dan Praksis. Sabtu kemarin (4/4) digelar di kantor PP Muhammadiyah Jln Cik Ditiro, sementara seminar digelar hari Ahad (5/4) di kampus Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, mengatakan dalam pembukaan FGD kemarin, diskusi ini untuk mencerminkan pandangan Muhammadiyah terhadap perempuan, oleh masyarakat dianggap agak “revolutif” adalah adabul mar’ah fil islam. Menurut Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini, pandangan Muhammadiyah seperti gelombang naik turun, kadang bersemangat untuk memperhatikan perempuan.

Sebagai keynote speech, Ketua PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas. Diskusi dilanjutkan bersama tokoh Muhammadiyah, Amin Abdullah dan Peneliti perempuan Muhammadiyah, Siti Ruhaini Zuhayatin. Seminar publik diisi oleh Guru besar Ilmu Budaya UGM, yang juga Ketua PP ‘Aisyiyah, Siti Chamamah Soeratno, dan Tokoh Muhammadiyah Jawa Tengan, Muhammad Tafsir. (dzar)


Tags: muhammadiyah, tarjih, fikih, perempuan, 'aisyiyah

di posting oleh admin pada tanggal 2015-04-08 06:47:18

kategori : Acara Kampus

  • Mantan Wakil Rektor Unismuh Luwuk Meninggal Dunia
  • Mantan Wakil Rektor Unismuh Luwuk Meninggal Dunia
    July 27, 2016 5:16
    Mantan Wakil Rektor I dan III Universitas Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah, Drs.H. Zainuddin Achmad, MH, Senin 25 Juli 2016 meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Demikian ditegaskan Kepala Biro Admnistrasi dan Keuangan Unismuh Luwuk, Hasrat Aimang,S.Pd.I, M.Pd di Luwuk, Rabu 27 Juli 2016. ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2016-07-29 15:03:28

  • Maklumat PP Muhammadiyah, Awal Puasa 6 Juni 2016
  • Maklumat PP Muhammadiyah, Awal Puasa 6 Juni 2016

    ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2016-04-19 18:54:01

kategori : Akademik

  • Borang AIPT Unismuh Diterima BAN PT
  • LUWUK—Dokumen persyaratan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Unismuh Luwuk telah diserahkan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
    Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, kepada Luwuk Post, mengatakan, persyaratan akreditasi dibawa dan diserahkan oleh Wakil Rektor I Gifari Sono.”Pagi tadi persyaratan akreditasi institusi sudah diserahkan kepada BAN PT,” katanya. ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2014-10-13 13:37:50

  • Unismuh Resmi Miliki Lahan Kampus II
  • RESMI MILIK UNISMUH: Ketua badan pelaksana harian Unismuh Luwuk Basri Sono menyerahkan aset berupa lahan seluas 12 hektare kepada Rektor Unismuh atas nama dewan pimpinan. [foto Dok/Luwuk Post] ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2014-10-11 14:48:36

kategori : umum

 
total berita : 15


peta situs | hubungi kami |