Berita Kampus

Berita : umum / Perguruan Tinggi Muhammadiyah Harus Menjadi Center of Excellence

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Harus Menjadi Center of Excellence


Yogyakarta – Muktamar Muhammadiyah menyoroti berbagai isu-isu strategis keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal. Salah satu rekomendasi dari 13 rekomendasi Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan.

Poin pertama adalah membangun masyarakat ilmu. Muhammadiyah mengajak perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi Muhammadiyah, untuk menjadi Center of Excellence (pusat inovasi unggulan) berbasis sustainability dan center of technopreneurshop dalam bentuk universitas riset. Hal ini menjadi topik bahasan Forum Discussion Group (FGD) Majelis Pendidikan Tinggi (Dikti) PP Muhammadiyah, Rabu kemarin (2/9) di Kantor PP Muhammadiyah Yogykarta.

Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Chairil Anwar, mengatakan proses evolutif Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam menyelesaikan masalah bangsa saat ini beranjak pada era kompetisi bagi PTM bisa berkompetisi dengan PTN di Indonesia.

Menurut Chairil, untuk bisa menjaga suistanable itu, kita harus merawat dan menjaga SDM yang ada di PTM, “SDM itulah yang paling bisa membawa SDM kita kemana-mana, Ingin agar suatu saat di PTM ada Center of Excellence, pusat-pusat unggulan dipegang oleh SDM-SDM yang handal, salah satu pusat itu membahas masalah-masalah kebangsaan di Negara ini”, ujarnya.

SDM kita bisa tampil dalam menyelesaikan masalah bangsa, misal permasalahan ekonomi bangsa bisa diselesaikan dalam diskusi yang melibatkan para pakar ekonomi dari Muhammadiyah.

Sehingga dari fgd ini bisa didiskusikan bagaimana merawat SDM-SDM kita ini agar bisa bersuara dalam forum nasional membahas isu-isu nasional.

Center of Excellence di kampus-kampus Muhammadiyah kata Chairil, jelas sangat diperlukan, bukan hanya mendirikan kampus Muhammadiyah saja, tapi menjaga dan merawat SDM. “Saat ini bukan bagaimana mendirikan kampus, tapi bagaimana menjaga dan merawat SDM kita yang pakar di bidangnya masing-masing”, tutupnya. (dzar)

di posting oleh admin pada tanggal 2015-09-15 16:34:07

kategori : Acara Kampus

  • Mantan Wakil Rektor Unismuh Luwuk Meninggal Dunia
  • Mantan Wakil Rektor Unismuh Luwuk Meninggal Dunia
    July 27, 2016 5:16
    Mantan Wakil Rektor I dan III Universitas Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah, Drs.H. Zainuddin Achmad, MH, Senin 25 Juli 2016 meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Demikian ditegaskan Kepala Biro Admnistrasi dan Keuangan Unismuh Luwuk, Hasrat Aimang,S.Pd.I, M.Pd di Luwuk, Rabu 27 Juli 2016. ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2016-07-29 15:03:28

  • Maklumat PP Muhammadiyah, Awal Puasa 6 Juni 2016
  • Maklumat PP Muhammadiyah, Awal Puasa 6 Juni 2016

    ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2016-04-19 18:54:01

kategori : Akademik

  • Borang AIPT Unismuh Diterima BAN PT
  • LUWUK—Dokumen persyaratan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Unismuh Luwuk telah diserahkan kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
    Rektor Unismuh Luwuk, Farid Haluti, kepada Luwuk Post, mengatakan, persyaratan akreditasi dibawa dan diserahkan oleh Wakil Rektor I Gifari Sono.”Pagi tadi persyaratan akreditasi institusi sudah diserahkan kepada BAN PT,” katanya. ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2014-10-13 13:37:50

  • Unismuh Resmi Miliki Lahan Kampus II
  • RESMI MILIK UNISMUH: Ketua badan pelaksana harian Unismuh Luwuk Basri Sono menyerahkan aset berupa lahan seluas 12 hektare kepada Rektor Unismuh atas nama dewan pimpinan. [foto Dok/Luwuk Post] ...selengkapnya.

    di posting oleh admin pada tanggal dsa 2014-10-11 14:48:36

kategori : umum

 
total berita : 15


peta situs | hubungi kami |